Aprilita Nurria » Blog Archive » Teknik Sipil UMM

Teknik Sipil UMM

UntitledJurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada Tahun 1981 dan dikelola oleh 23 Dosen yang bergelar Doktor dan Magister. Saat ini menyandang status akreditasi B dengan jumlah mahasiswa aktif kurang lebih 500 mahasiswa. Mahasiswa Teknik Sipil UMM dibekali dengan ketrampilan dan keahlian bidang teknik sipil antara lain bangunan Gedung, Bangunan Keairan (bendungan dan irigasi), Bangunan Transportasi (jalan, jembatan dan pelabuhan), Manajemen Proyek, Manajemen Transportasi dan Geologi Teknik. Jurusan Teknik Sipil UMM memiliki beberapa fasilitas laboratorium antara lain, Fisika, Gambar dan CAD, Komputer Aplikasi Rekayasa Sipil, Mekanika Tanah, Bahan dan Konstruksi, Jalan Raya, Geodesi, serta Hidrolika.

Dukungan ekstra kurikuler terdiri atas kelompok studi jembatan, gedung, dan bangunan air dan telah beberapa kali meraih juara regional maupun nasional. Diantaranya prestasi yang pernah diraih yaitu: Team “Mi’raj Brigde” juara I Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) pada kategori jembatan kayu bentang panjang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Kampus Universitas Indonesia mulai tanggal 4-7 November 2010 dan di tahun sebelumnya, Teknik Sipil UMM meraih dua kali kemenangan KJI secara beruntun pada kategori jembatan baja. Selanjutnya pada tahun 2011 kembali digelar di Universitas Indonesia dari tanggal 26-27 November, Teknik Sipil UMM meraih juara II KJI tingkat nasional. Selain meraih gelar juara II tingkat nasional untuk Jembatan Jalan Raya Baja, UMM sekaligus keluar sebagai juara dalam kategori Jembatan Terkokoh. Sedangkan untuk lomba Jembatan Kayu Pejalan Kaki, UMM meraih juara kategori pelaksanaan perakitan jembatan tercepat.

Dalam Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) di Universitas Kristen Maranatha, Bandung, 19-22 November 2015, UMM berhasil menggondol juara umum. Kompetisi ini memperebutkan Piala Reka Cipta Griya Indonesia dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, di mana disaring dari 32 proposal yang masuk menjadi 10 finalis dan tim Teknik Sipil UMM berhasil menyingkirkan sembilan finalis dari berbagai kampus besar di Indonesia dengan mengandalkan miniatur bangunan gedung bernama “Candra Surya”. Tim UMM meraih juara untuk tiga kategori sekaligus, yaitu kreativitas dalam rancang bangunan, kesesuaian implementasi, dan metode pelaksanaan konstruksi, di mana hal ini karena secara teknis bagunan gedung semua finalis memiliki ukuran bahan dan kekuatan balok yang sama namun, pada teknik sambungan tim Teknik Sipil UMM memiliki perbedaan pada teknik sambungan antar kolom dan pondasi yatu dengan konsep desain bangunan yang lentur dan tidak mahal.

Sumber : http://sipil.umm.ac.id/id/umm-news-1814-jurusan-teknik-sipil-umm-raih-juara-i-kji-2010.htm